Joan 6 tahun 11 bulan

Puji Tuhan, bulan depan Joan sudah 7 tahun. Joan sudah memiliki dunia baru, “sekolah”. Kami sangat ingin Joan punya teman dan kegiatan rutin, layaknya anak-anak lain. Pagi harus bangun tidur pagi-pagi, bermalas-malasan sarapan dan mandi karena ngantuk, punya trik untuk diizinkan tidak masuk sekolah, dan terakhir, tas baru segala. Above all, semoga nanti Joan bisa punya teman dan best friend.

Joan kami masukkan ke suatu sekolah khusus, Spectrum, di Bintaro. Joan mulai dengan test dahulu, mencakup tes kemampuan motorik dan interaksi. Lalu kamipun di tes juga sebagai orang tua. Semua berjalan dengan baik, dan Joan pun mulai “sekolah”. Tidak bisa kami pungkiri, saat ini Joan baru sanggup untuk masuk kelas fisio terapi. Sama seperti terapinya di rumah, bedanya, Joan harus bangun tiap pagi secara rutin, naik jemputan ke sekolah, bertemu dengan teman-teman yang berbeda-beda, dan suasana baru.

Kejadian-kejadian lucu timbul. Joan demam panggung (suhu badannya naik selama 2 jam saja), dan mengkakukan badannya (melawan). Terapisnya bingung. Kami masih ikut mengantarkan Joan. Eva mulai ikut turun tangan membujuk Joan, ketika Eva yang pegang, badan Joan biasa saja dan dapat digerakkan, pindah ke gurunya, semua dikakukan. Matanya baru terbuka lebar dan tersenyum, saat doa pulang 🙂

1 bulan sudah berlalu, Joan semakin pandai. Terapi biasa yang dilakukan di rumah, tetap kami lanjutkan, dan Joan selalu mendapatkan kata pujian: “pandai”, “nurut”, dll. Mau lompat rasanya sangking senangnya.

Kami terus berdoa, bahwa semua ini tetap dalam rencana Tuhan, dan usaha kami tidak akan sia-sia.

Joan juga sudah dibuatkan kursi roda khusus, yang selain membuat dia dapat duduk dengan posisi badan normal, juga nyaman. Joan sudah kami bawa jalan2 ke mall dengan kursi ini. Yang paling penting, Joan sudah lebih menikmati jalan-jalan, dari pada digendong dengan posisi terbalik. Senang sekali.

Bukan Joan namanya, kalau tidak manja dan terkadang agak bandel. Iman tetap naik turun melihat perkembangannya. Terkadang Joan terlihat kelelahan dengan aktifitas barunya, walau dia semakin pintar. Kami serahkan semua kepada Tuhan, agar kami tetap gigih mengusahakan yang terbaik buat Joan.

Semoga Joan benar-benar senang dengan semua ini. Kita jalanin semua nya dengan doa dan harapan ya Joan.

God made you special and He loves you so much.

One thought on “Joan 6 tahun 11 bulan

Comments are closed.