Hasil test VEP

Kemaren Joan test mata di RSCM bagian mata. Sebenarnya kami tidak begitu mengerti jenis test yg dilakukan maupun hasilnya, tapi kami tebak dari surat yang diberikan oleh dr Lumongga (dokter mata di Aini) dan surat yg diberikan oleh dr Sidik (dokter mata di RSCM).

Sepertinya test yang dilakukan adalah VEP (Visual Evoked Potential). Test ini untuk melihat apakah sinyal2 dari retina mata bisa diterima dan diproses oleh otak. Test ini dilakukan mungkin krn dr Lumongga tidak melihat ada masalah di mata Joan, jadi mungkin kesalahan ada di otaknya.

Beberapa elektrode di pasang di kepala Joan: 1 di dahi, 1 di belakang kepala, dan 1 di daun telinga. Kemudian ruangan digelapkan (lampu dimatikan) dan satu alat dihidupkan yang fungsinya mengeluarkan cahaya terang 3 kali per detik. Alat ini dipegang di depan Joan, dan cahayanya diarahkan ke muka (mata) Joan.

Di akhir test, dr Sidik mencetak hasil gelombang otaknya di selembar kertas, kemudian menuliskan hasil bacaannya di kertas lain. Ini yang harus dikembalikan ke dr Lumongga.

Di kertas itu sih tertulis: “Non recordable!”. Ya, dengan tanda seru. Kami ngga ngerti sih hasilnya, nanti pasti dijelaskan oleh dr Lumongga. Tapi, sepertinya sih artinya, otaknya tidak memproses (atau tidak menerima) sinyal apapun.

Kami rencananya ke dr Lumongga hari Senin sore, jadi tunggu hasilnya di website ini ya!