Catatan Perjalanan (3): Joan dibaptis

Sesuai rencana, Joan di baptis tgl 4 Januari 2004 di Gereja HKBP Sudirman. Sebelumnya, tgl 2, aku dan Eva harus datang untuk bertemu dengan Pendeta, untuk persiapan acara. Hanya ada 2 anak yg akan dibaptis, krn memang sebagian besar orang tua sudah membawa anaknya untuk dibaptis tgl 26 Desember.

Yg lucu, krn kebaktian berbahasa Batak, aku dan Eva harus menghapal Pengakuan Iman Rasuli dalam bahasa Batak. Aku sih ngga masalah, yg kasian itu Eva, krn dia ngga ngerti artinya. Tapi akhirnya semua lancar kok.

Supaya Joan ngga rewel, kami titipkan dulu di rumah keluarga Eva di Tengku Daud. Jadi, selama kebaktian, Joan masih di rumah. Setelah udah dekat acara baptis, baru Joan di bawa ke gereja.

Selama acara baptis Joan agak rewel, mungkin krn badannya sakit/gatal terkena mote2 atau manik2 di baju Eva. Baptisannya sendiri lancar. Joan ngga dibaptis pake air lagi, krn sebelumnya sudah dibaptis. Jadi hanya didoakan saja oleh Pendeta.

Setelah acara gereja, ada lagi acara adat di rumah. Yg diundang itu hanya keluarga “dekat”, tapi tetap saja totalnya sekitar 50 orang. Joan dan kami diberikan ulos. Juga diberikan nasihat2 dari keluarga. Tentu saja ada makanan Batak juga, termasuk pemberian babi dan ikan mas =)

Selama acara adat, Joan di kamar, kecuali waktu ngasih ulos. Itupun dia ngga rewel, baik kali lah pokoknya =)

Segitu aja deh ceritanya. Foto2 menyusul, bakalan ditaruh di Gallery.