Catatan Perjalanan (4): Tesa married

Kami sekeluarga pergi ke Medan bukan hanya utk jalan2, tapi juga untuk acara baptis Joan dan acara married Tesa. Acara married Tesa lumayan panjang, ada serangkaian acara, mulai dari persiapan acara gereja hari Kamis, sampai acara resepsi hari Minggu.

Hari Kamis, 9 Desember, jam 3 sore di gereja GBKP Batang Serangan, ada acara “Persikapen” yg artinya persiapan di gereja. Disitu dilatih apa2 saja yg akan terjadi di acara pemberkatan besok, termasuk proses pemberkatan, pengucapan janji, tukar cincin, dll.

Hari Jumat, 10 Desember, jam 3 sore di gereja GBKP Batang Serangan, acara pemberkatan nikah.

Selanjutnya, jam 8 malam di Jambur Halilintar, ada acara “Ersinget-singet” yg intinya mempertemukan keluarga kedua belah pihak untuk konfirmasi mengenai kesiapan acara adat besok.

Hari Sabtu, 11 Desember, jam 8 pagi di Jambur Halilintar, acara adat Karo. Acaranya lumayan panjang, sampe sekitar jam 4 sore, diselingi acara makan siang bersama.

Selanjutnya, jam 7 malam, keluarga pengantin perempuan datang ke rumah pengantin laki2 untuk menyelesaikan syarat2 adat, termasuk memperkenalkan kedua pengantin dengan seluruh keluarga.

Terakhir, hari Minggu, 12 Desember, jam 7 malam di Tiara Convention Center, acara resepsi pernikahan.