Tuhan mendengar doa kita: Joan 8 bulan

Hari ini Joan 8 bulan, dan seperti biasa, halaman ini dibuat untuk menceritakan perkembangan Joan 1 bulan terakhir. Halaman ini dibuat untuk bercerita, dan juga untuk berbagi berkat. Moga2 cerita2 tentang Joan bisa memberikan keteguhan iman juga bagi orang2 yg membacanya.

Bulan ini ada banyak hal yg terjadi pada Joan. Pertama, hasil CT-Scan dan konsultasi ke Dr Dwi. Menurut hasil CT-Scan terakhir, cairan di kepala Joan berkurang banyak sekali. Untuk sisanya, dokter radiologi nya bilang ada kemungkinan tidak berkurang lagi. Tapi Dr Dwi bilang tetap masih ada kemungkinan untuk berkurang. Buat kami sendiri, yg penting adalah perkembangan otak Joan, cairannya berkurang berarti otak Joan berkembang. Inilah mujizat Tuhan yg selalu kami mohon lewat doa. Puji Tuhan!

Kedua, konsultasi ke Dr Pudji mengenai kondisi fisik Joan. Menurut Dr Pudji, Joan juga sudah ada perkembangan, krn sudah ada bbrp refleks yg muncul, terutama di kaki. Sepertinya hasil fisioterapi nya mulai terlihat. Masih ada masalah sih dengan tangannya yg masih agak kaku, yg bikin Joan juga susah untuk berguling. Kepala Joan juga masih lebih sering melihat ke kanan. Kami masih harus kerja keras untuk yg satu ini.

Ketiga, perkembangan fisik. Joan masih tetap gendut =), biarpun berat badannya udah 2 bulan ngga naik2. Makanan padat udah banyak yg kami coba, mulai dari buah2an (jeruk, pisang, dll) dan juga sayur, daging, dan ikan. Kami usahakan selalu makanan yg fresh yg dibuat sendiri, tapi tetap juga kami kasih makanan bayi yg dibeli dari supermarket. Dr Dwi bilang, jangan konsentrasi ke makanan padat, krn sebenarnya hanya mengenyangkan saja. Kandungan gizi terbesar ada di susu, dan untuk Joan sangat penting, supaya ada supply gizi untuk perkembangan otaknya. Jadi, kami batasi hanya 2 kali makanan padat sehari, bisa ditukar2 antara buah, biskuit, atau bubur (sayur, daging atau ikan).
Perkembangan kepala Joan memang sudah 2 bulan tidak ada. Kami sih berharap, kalo otaknya terus berkembang, otomatis tengkorak kepala nya juga terikut. Itu doa kami selalu.
Keempat, gigi Joan udah mulai tumbuh! Lucu deh ngeliat giginya muncul, warna putih di gusi nya yg merah. Puji Tuhan!

Banyak berkat yg sudah diberikan Tuhan pada Joan. Itulah jawaban Tuhan untuk doa2 kami (dan doa2 semua orang) untuk Joan. Kami masih terus mendoakan perkembangan Joan, terutama matanya, supaya dia bisa melihat. Kami yakin, kalau dia mulai bisa melihat, pasti perkembangannya juga semakin banyak, krn berarti Joan bisa semakin aktif lagi.

Akhir kata, Tuhan selalu mendengar doa kita. Mungkin jawaban itu datang bukan pada waktu yg kita harapkan, tapi kita harus percaya bahwa Tuhan lebih tau kapan jawaban itu harus diberikan bagi kita.

Oke, jangan lupa untuk mendoakan Joan selalu ya! God Bless Us!