Joan 9 bulan

Joan udah genap 9 bulan. Kalo dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan bayi, harusnya udah banyak hal yg bisa dia buat. Harusnya udah mulai jalan, berceloteh, dll. Tapi, kami selalu melihat Joan sebagai pribadi yang unik, dan ngga mau membanding2kan Joan dengan anak2 yg lain. Tuhan sudah memberikan banyak berkat buat Joan, dan kami tidak pernah lupa bersyukur untuk semua berkatNya.

Ukuran kepala Joan belum ada perubahan, jadi kami hanya bisa berharap otaknya tetap berkembang di dalam. Ngga boleh sering2 CT-Scan soalnya. Tapi secara fisik, Joan tetap gendut =) Beratnya udah 8,4 kg, tingginya belum kami ukur, tapi cukup tinggi lah.

Joan sekarang udah makin susah fisioterapinya, krn udah mulai sering2 belajar duduk dan berdiri. Tiap hari, kami juga diminta untuk sering2 buat Joan duduk, supaya dia lama2 entar terbiasa. Matanya juga kami rangsang terus dengan gambar2 yg berwarna cerah, supaya tetap ada perkembangan. Sampe sekarang sih sepertinya matanya masih belum bisa melihat.

Untuk imunisasi, udah hampir lengkap, tinggal booster2 aja. Terakhir sih BCG, yg krn telat terpaksa harus Mantux test dulu, siapa tau udah sempat kena TBC. Puji Tuhan, hasil test nya negatif, jadi langsung di imunisasi BCG.

Kami sendiri, masih banyak hal yg harus kami perbaiki. Kadang2 masih timbul rasa takut mengenai masa depan Joan, apa kira2 yg bakalan terjadi, apa dia bisa kuat menghadapi semuanya, apa kami bisa kuat menghadapi semuanya, dll. Satu2nya cara memang dengan menyerahkan semuanya pada Tuhan. Cukup sulit buat kami untuk melakukan itu, tapi kami terus menerus berusaha. Kami yakin, Tuhan memiliki rencana paling indah buat Joan, dan kami tidak akan pernah lupa akan hal itu.

Jadi, tolong doain kami terus ya, terutama Joan. We need all your prayer. God bless you!