Joan 10 Bulan

Ngga terasa, tgl 22 Mei kemaren Joan udah 10 bulan. Ini sedikit cerita tentang apa aja kejadian selama 1 bulan ini.

Secara fisik, Joan masih tetap gendut =) Beratnya cenderung stabil, dan kalo diliat di grafik di buku perkembangannya, masih jauh di atas rata2, tapi masih tetap dianggap sehat (ngga overweight). Gigi Joan udah 3, 2 di bawah dan 1 di atas. Lagi nungguin nih gigi atasnya, biar pas pasangan. Entah kenapa munculnya sendirian gitu =)

Ukuran kepala Joan masih belum bertambah. Menurut Dr Dwi, mau ngga mau otaknya juga terpaksa berkompensasi dengan ukuran kepalanya. Tapi, yang penting, otaknya bisa mengikuti. Dulu kan otaknya yg mengecil duluan. Jadi, kami harus banyak berdoa soal ukuran kepala ini, soalnya bakalan penting banget buat Joan.

Penglihatan Joan masih belum terlihat, tapi sepertinya dia sudah mulai memberikan reaksi kalau soal pendengaran. Kadang2 juga Joan mulai bawel biarpun masih lebih mirip nangis. Tapi dia udah mulai aktif menggerakan tangan dan kaki, apalagi kalo digelitikin =)

Imunisasi udah lengkap semua, terakhir kemaren itu campak. Mulai bulan depan, mau ngasih imunisasi tambahan yg ngga wajib, kayak HiB dan MMR. Ternyata banyak juga ya imunisasi sekarang =P

Fisioterapi nya juga mulai berat, banyak belajar duduk dan berdiri nya. Kayaknya sih targetnya mau nguatin kaki, jadi ngga belajar guling2 dan merangkak lagi. Kasian sih kalo ngeliat Joan di fisioterapi, tapi, daripada dia entar2 jadi susah belakangan. Tapi tetap aja, kasian banget kalo ngeliat di nangis2 waktu fisio.

Aku dan Eva masih berusaha saling menguatkan dalam hal ini. Apalagi kalo ngeliat anak2 lain yg beda banget dari Joan. Waktu Kak Inge singgah dengan Jessy, waktu mereka ngungsi dari Ambon, keliatan banget bedanya, padahal Jessy baru 5 bulan. Sedih rasanya ngeliat apa yg harus di alami Joan.

Tapi kami juga percaya, berkat Tuhan tidak boleh kami pilih2. Tuhan sudah memberikan Joan buat kami, dan kami harus bisa mengucapkan puji syukur dengan penuh suka cita. Kami yakin, Tuhan punya rencana paling indah buat Joan dan buat keluarga kami. Dan kami serahkan keluarga kami ke dalam tangan Tuhan saya.

Jangan lupa mendoakan Joan dan kami semua ya. God bless you!