Selamat Ulang Tahun, Joan!: Joan 1 Tahun

Hari ini (22 Juli 2004) Joan udah 1 tahun. Ngga terasa juga. Dan kali ini bener2 “ngga terasa”, bukan cuman basa-basi. Soalnya, dengan segala hal yang kami lewati bersama sebagai sebuah keluarga, benar2 ngga terasa tiba2 sudah 1 tahun umur Joan. Puji Tuhan!

Sudah 1 tahun umur Joan, dan selama ini sudah banyak hal yang terjadi dalam kehidupannya. Banyak berkat Tuhan yang kami rasakan, melimpah bagi keluarga kami.

Joan memang masih belum bisa melakukan banyak hal. Duduk masih harus dipegang, kepalanya kadang2 masih “jatuh” krn belum stabil. Dia belum bisa melihat, belum bisa bicara, belum bisa berdiri.

Tapi, berkat Tuhan juga melimpah buat Joan. Dia sudah mulai aktif menggerakkan tangan dan kakinya. Giginya sudah 4 buah. Badannya gemuk biarpun berat badannya agak naik turun. Tangisannya sudah beda2 tergantung apa yg dia mau, kadang manja, kadang marah, kadang mau susu, dll. Pendengarannya juga semakin baik. Daya tahan tubuhnya kuat sekali, waktu tumbuh gigi aja ngga demam.

Yang paling penting, Joan mengajarkan buat aku dan Eva banyak hal. Kami diajarkan untuk sabar; sabar menantikan Joan bisa melakukan sesuatu; sabar menjalani semua hal yang tidak sesuai dengan rencana kami. Kami diajarkan untuk penuh iman; percaya bahwa Tuhan selalu melimpahkan berkatnya bagi kami; percaya bahwa Tuhan selalu menjaga Joan; percaya bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi Joan.

Aku dan Eva masih sering menangis, krn sedih melihat apa yg harus dilewati oleh Joan. Kami sedih krn ngga bisa membawa Joan ke acara2 keluarga, krn takut dia sakit krn masuk angin, atau takut dia muntah waktu minum susu. Kami sedih kalo melihat anak2 yg lain yg normal dan sehat, krn Joan tidak bisa seperti itu.

Tapi kami juga tetap bisa tertawa dan bergembira krn bisa bermain2 dengan Joan. Kami bisa berjalan2 dengan Joan, biarpun ngga bisa lama2. Kami bisa berdoa bersama, saat teduh bersama, makan bersama.

Di atas segalanya, kami tetap percaya, Tuhan akan selalu menjaga keluarga kami. Kami terus berdoa untuk kesembuhan Joan yang sempurna, dan kami yakin Tuhan selalu mendengarkan doa kami. Mungkin rencana kami berbeda dari rencana Tuha, tapi kami percaya bahwa rencana Tuhan adalah yang terbaik bagi keluarga kami.

Doakan Joan terus ya. Jangan lupa lho!

Selamat Ulang Tahun, anakku, Jocelyn Irvana Anastasia Hutagalung!