Banyak Lendir dan Dahak?

Anakku Joan, mungkin masuk kategori Cerebral Palsy. Pertumbuhan otakknya termasuk lambat, dan itu mengakibatkkan perkembangannya terganggu. Hal ini juga termasuk terganggunya pernafasan Joan dan juga proses menelan. Hal ini mengakibatkan Joan sering banyak dahak dan lendirnya, di paru-paru, tenggorokan dan hidungnya.

Kami cuma mau sharing biasanya cara apa yang kami lakukan buat menenangkan Joan agar tak terganggu dengan dahak dan lendirnya.

Saya dan irving membantu Joan dengan cara:

  1. Setiap pagi dan malam, waktu Joan banyak slaim dan dahaknya, kami inhalasi dengan Nacl, bisolvon (kalau batuk2) dan berotec (kalau batuk2)
  2. Setelah diinhalasi kami tepuk-tepuk punggungnya sambil badannya dibuat berbagai posisi: tengkurap, miring kiri, miring kanan, juga dadanya (supaya dahak yang telah dicairkan dari inhalasi bisa keluar dari cabang-cabang paru-paru) lebih kurang 15 menitan. Selain di tepuk-tepuk, juga bisa digetarkan dengan telapak tangan.
  3. Kami juga bantu dengan menghisap hidungnya (alat hisapnya dari pigeon) dengan bantuan hisapan papanya, 2 kali lubang kanan, 2 kali lubang kiri, sampai lendirnya tersedot. Biasanya Joan nangis dan melawan, paling hisapannya saja yang agak diatur jangan terlalu keras. HATI-HATI, kami tidak terlalu sering melakukannya, paling 1 hari 3 kali. Karena kalau terlalu keras dan sering, hidung Joan bisa kering dan luka.
  4. Antara pagi dan malam, kami kasi obat “tradisional” (istilah kami) yaitu air hangat ditaruh di mangkok terus di tetesin minyak telon sampai wangi, di taruh dibawah hidung nya supaya bisa terhisap. Intinya jadi kayak vicks inhaler. HATI-HATI, jangan sampai ketumpahan air panasnya. Jadi benar-benar dipegang mangkoknya.
  5. Kalau bobok, kami tengkurapkan. Joan jadi lebih tenang daripada terlentang. HATI-HATI, perhatikan sekali, apakah anaknya nyaman ditengkurapkan.

Juga waktu pilek dan banyak dahak atau lendir, Joan tidur lebih suka kalau sambil dipijat punggungnya (pijat halus). Atau di massage tangan dan kaki nya pake baby oil. Hanya biar dia merasa tenang dan tidak gelisah. Kalau tengkurappun, maunya dipelukan. Jadi terpaksa tidur berpelukan. Mungkin Joan jadi bisa dengar jantung kita mamanya, dan itu membuat dia sangat tenang.

Joan juga pernah sangat banyak slaim dan dahaknya, sampai dia sering memuntahkan susu atau makanannya. Dokter memberikan dia obat untuk mengencerkan dahak dan mengurangi dahak dan lendir.

Semoga info ini berguna dan Tuhan berkati.