Joan 15 bulan: S’bab Tuhan baik, bahwasanya untuk selamanya kasih setia Nya.

Puji Tuhan Joan sudah 15 bulan. Joan sudah 10 kilo sekarang. Kami juga sempat mengukur lingkar kepala Joan. Ada pertambahan 0.2 cm. Kami sangat bersyukur dan berdoa semoga itu pertanda perkembangan buat Joan. Joan pun makin murah senyum kalau digerak-gerakkan badannya. Makanya foto senyumnya makin banyak. =)

Bulan lalu ketika Joan dapat hasil EEG ada kejangnya, Joan diberikan Topamax dan luminal dari dokter Dwi. Tapi sepertinya masih ada ‘kaget-kagetnya’. Jadi dokter sedikit menaikkan dosisnya bulan ini. Moga-moga Joan tidak kaget-kagetnya lagi. Tolong doakan.

Kami sudah mulai membawa Joan ke sekolah Minggu di Duta Injil. Aku dan Irving jadi 2 kali ke gereja biar kami dapat ikut berdua menemani Joan disekolah Minggu. Joan agak bingung dan terganggu dengan banyak suara anak-anak yang bermain-main dan bernyanyi-nyanyi. Aku senang sekali karena itu berarti anakku pendengarannya sudah semakin baik. Aku gerak-gerakkan tangannya mengikuti lagu-lagu sekolah Minggu. Dalam hati aku berdoa supaya Tuhan ijinkan Joan nantinya bisa main dan bernyanyi sendiri di sekolah minggu. Kebetulan sekali waktu itu khotbahnya tentang seorang anak yang sakit parah disembuhkan Tuhan dengan kuasaNya. Aku sangat terharu, Tuhan terus memberikanku kekuatan dengan cara-cara yang tidak disangka.

Kami juga mencoba bertemu dengan ibu Retno, seorang fisiotherapist di RSCM yang disarankan oleh Dr Puji, dokter rehabilitasi medik Joan. Kelihatannya dia sangat senior dan berpengalaman. Jadwalnya padat sekali dan kami baru bisa mulai fisio dengan ibu Retno setelah lebaran. Tolong doakan supaya Joan mendapat banyak perkembangan lewat latihan-latihannya dengan ibu Retno.

Joan masih agak banyak juga slaimnya. Kadang kasian karena dia belum bisa menelan atau membatukkan slaimnya. Kami cuma bisa membantu dengan inhalasi sambil menepuk-nepuk punggung dan dadanya, dan Irving juga menyedot lendir di hidung Joan. Kalau malam kami juga membantu Joan dengan uap air panas yang ditetesi minyak telon untuk dihirupnya. Joan jadi lebih sering dibuat tidur tengkurap atau miring.

Joan akhir-akhir ini juga suka merengek. Kami tidak tau apa itu sekedar manja atau yang lain. Tapi kalau Joan dinyanyikan lagu “You Raise Me Up” nya Samuel Afi sambil dipeluk, dia bisa tenang dan tertidur. =)

Aku dan Irving tak henti-hentinya berdoa dan berharap kalau kesembuhan dan kesempurnaan datang buat Joan kami. Tapi satu hal juga, kami tak henti-hentinya memastikan semua yang kami bisa kami sudah buat untuk membuat Joan tersenyum, tertawa dan bahagia. Sebab kami yakin, Joan juga punya roh dan hati.

Selamat ulang bulan, anakku sayang. Tuhan, mama dan papa sangat sayang Joan, selalu. AMIN.