Joan 16 bulan

Puji Tuhan, Joan sudah 16 bulan. Secara fisik, Joan bertumbuh dengan baik. Kami memang belum ngukur apa2 bulan ini, tapi berat badan Joan pasti naik, soalnya dia makin lama terasa makin berat =) Tinggi Joan juga sepertinya bertambah. Ukuran kepala Joan bertambah 0,3 cm lagi, Puji Tuhan! Kami yakin, di tengah pertumbuhannya ini, Tuhan pasti juga mengaruniakan perkembangan bagi otak Joan. Kami memang merasa bahwa Tuhan sedang mengajarkan kami untuk bersabar dan untuk bisa bersyukur untuk semua berkat Tuhan, sekecil apapun itu. Kami bisa melihat perkembangan Joan sedikit demi sedikit, dan kami diajarkan untuk bisa bersuka cita dengan semua ini.

Gigi bawah Joan juga udah mau nambah, soalnya satu gigi nya udah mulai muncul, dan satu lagi udah keliatan agak putih di gusinya. Joan juga sepertinya udah mulai malas minum susu, soalnya tiap kali dikasih susu, dia sering batuk2, atau malas banget ngedotnya. Memang, anak seumur Joan harusnya udah lebih banyak makanan padat daripada susu, tapi karena Joan ada masalah menelan, kami belum berani ngasih makanan padat terlalu banyak. Tapi kami rencananya mau nambahin makanan padat pelan-pelan, supaya Joan terbiasa. Sekarang, biasanya 1 kali bubur saring dan 1 kali biskuit bayi. Nanti mau ditambahin jumlah biskuitnya (biasanya 2 keping, mau jadi 3 keping). Trus mau ditambah juga dengan bubur buah instan, jadi entar 3 kali makanan padat. Kami juga udah beli gelas bayi, yang masih ada ujungnya tapi bukan pake dot. Kalau kami udah berani entar, kami mau ajarin Joan untuk minum susu ngga pake dot lagi, biar dia lebih cepat minumnya, dan sekalian melatih dia untuk minum dari gelas.

Joan bulan ini lagi banyak slime (dahak). Dia juga ketularan batuk-pilek dari aku dan Eva. Kasian juga ngeliat dia batuk2 atau bersin2. Sempat demam juga, dan langsung kami kasih Tempra. Untuk batuk-pilek nya, tadinya kami beli Benadryl untuk anak2. Tapi di kotaknya dibilang ngga boleh untuk penderita hipoxia. Jadinya kami kasih obat puyer batuk-pilek yang pernah dikasih Dr Dwi. Kami sudah udah sembuh dari batuk-pilek, moga2 Joan juga bisa sembuh secepatnya.

Kami masih terus membawa Joan ke sekolah minggu. Kami makin dikuatkan dengan khotbah (di gereja biasa, bukan sekolah minggu) dari salah satu pendeta, yang mengingatkan orang tua untuk selalu membawa anaknya ke sekolah minggu. Walaupun sepertinya anak2 itu tidak mengerti, tapi roh dan bawah sadar mereka pasti menangkap sesuatu dari sekolah minggu, dan akan menjadi dasar iman bagi mereka sewaktu mereka dewasa. Kami yakin sekali hal itu lah yg terjadi, bahwa roh Joan selalu bersuka cita sewaktu Joan kami bawa ke sekolah minggu.

Aku dan Eva masih terus bergumul dengan kehidupan kami, terutama mengenai Joan. Kadang2 masih timbul pertanyaan di hati kami, kenapa Joan seperti ini, bagaimana kalau dulu kami melakukan hal begini atau begitu, bagaimana nanti kami bisa membesarkan Joan, apakah Joan nantinya bisa menjalani hidup yang normal, dll. Tapi kami selalu berusaha membawa semuanya itu di dalam doa kami, krn kami yakin Tuhan akan selalu membantu kami dalam kehidupan kami dan dalam pergumulan kami. Kami yakin, semuanya ini akan memperkuat iman kami, dan iman kami inilah yang akan membawa mujizat bagi Joan.

Selamat ulang bulan, ya Joan. Tuhan selalu memberkatimu. Amin.