Joan 1 tahun 10 bulan

Tanggal 22 Mei kemaren kami merayakan Joan berumur 1 tahun 10 bulan. Sebagian besar cerita Joan untuk 1 bulan ini berhubungan dengan perjalanan kami ke Nagoya. Bagaimana kami merasakan betapa Tuhan menuntun kami untuk dapat sampai ke sana dengan bantuan banyak sekali orang, termasuk orang2 yg tidak kami kenal. Kami diajarkan oleh Tuhan untuk menggantungkan diri hanya padaNya, dan semuanya akan diatur oleh Tuhan dengan indahnya.

Memang secara fisik kami tidak melihat perubahan apapun pada Joan selama 1 bulan ini. Dia agak malas minum susu, jadi kami lebih banyak ngasih biskuit yg dicampur susu agak banyak, supaya dia tidak kekurangan cairan. Kami masih belum tau kenapa dia malas ngedot susu. Mungkin krn giginya sakit, jadi entar pas kontrol ke Dr Dwi kami sekalian mau bawa lagi ke Dr Pahlevi. Mungkin juga krn dia emang malas ngedot, kan anak seumur Joan harusnya udah mulai minum pake gelas yg ngga perlu ngedot lagi. Yang penting buat kami sih, kondisi fisik Joan bagus, malah cenderung gemuk =)

Joan masih tetap fisioterapi dengan Bu Retno dan Pak Rahmat. Dari buku laporan mereka sehari2, kami bisa liat kemajuan Joan sedikit demi sedikit. Dengan rangsangan yg tepat, Joan udah bisa menegakkan badannya, menggulingkan badan, dll. Moga2 dengan latihan2 ini, otaknya juga terangsang untuk berkembang.

Kami juga mulai membawa Joan kontrol ke dokter gigi, untuk memastikan kondisi giginya bagus. Gimanapun juga, anak dengan kondisi CP memang tidak begitu baik perkembangan giginya, jadi kami akan monitor terus untuk memastikan Joan ngga sampe sakit gigi.

Obat Joan udah lama ngga ada perubahan tapi kejang2nya masih tetap ada. Apalagi selama ke Jepang dan bbrp hari terakhir, krn siklus tidurnya agak kacau, kadang2 kami harus melewatkan bbrp obat. Moga2 ngga ada efek serius ke Joan. Kami ngga enak aja ngeliat dia masih kejang2 seperti itu.

Yang paling utama, kami masih terus berdoa untuk kesembuhan Joan. Kami juga berdoa untuk iman kami, supaya iman kami terus diteguhkan oleh Tuhan, sehingga kami akan tetap berpengharapan bahwa Joan akan mendapatkan mujizat kesembuhan yg sempurna dari Tuhan. Jangan lupa doakan Joan terus ya! GBU!