Joan 4 tahun 1 bulan

Tanggal 22 Agustus kemaren, Joan genap 4 tahun 1 bulan. Bulan ini kami bawa Joan jalan-jalan ke Anyer, bersama keluarga besar. Sebenarnya, jalan-jalannya masih bagian dari ulang tahun Joan, jadi merayakan ulang tahun di Anyer. Semua keluarga besar dari Eva ikut, termasuk Papa-Mama, Wiwi, keluarga Tesa, Ijos, dan tentu saja, kakak-kakak Joan. Hanya suami Wiwi dan suami Tesa yang ngga ikut, karena kebetulan mereka ada acara lain di luar kota.

Joan bulan ini juga merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan memakai baju merah dan celana putih, yang dibeli khusus. Bajunya dipakai pas ke sekolah minggu, sambil dikombinasikan dengan jaket jeans biru. Benar-benar udah kelihatan kayak kakak-kakak.

Bulan ini, Joan ke dokter Dwi untuk cek rutin. Karena berat badan Joan naik terus, dokternya juga jadi nambahin dosis obat Topamax nya. Dokternya juga menjelaskan, kalo Joan terlihat kejang, belum tentu kejang. Kejang hanya kalau tidak ada penyebabnya. Tapi kalau Joan kejang setelah mendengar suara keras, karena blitz, atau karena pemicu lainnya, itu artinya Joan memberikan respons yang tidak terkontrol, dan justru menunjukkan perkembangan. Kami berdoa semoa hal ini benar, karena kami sering khawatir melihat Joan kejang seperti itu.

Joan juga bulan ini kami bawa ke Drg Pahlevi, karena gigi bawah Joan ada yg keropos. Jadi, harus ditambal. Kali ini, kami datang lebih pagi karena udah ngga ada Tesa yang bisa mendaftarkan duluan. Tapi ternyata kami tetap terlambat, karena jam 8 pagi saja sudah dapat nomor 11, dan baru masuk sekitar jam 12 siang. Joan sampe masuk angin karena kelamaan nunggu.

Berat badan Joan sekarang udah 17 kilo, kayaknya kegemukan deh. Sepatu terapi nya saja sudah ngga muat dan udah harus diganti. Jadinya, kami coba mulai mengontrol makanannya, membuat makanan padat lebih banyak dan mengurani biskuit susu nya. Karena kalau berat badannya naik terus, bisa-bisa dia juga jadi sulit bergerak dan terapi.

Terima kasih Tuhan atas 1 bulan lagi dalam kehidupan Joan. Biarlah Engkau yang terus menjaga, merawat, dan memberkati Joan dalam kehidupannya.